Blog Biology

Kamis, 06 Desember 2012

RPP Sistem Gerak pada Manusia



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


I.    Identitas
Satuan Pendidikan                :  SMP Negeri 38 Samarinda
Kelas / Semester                   :  VIII / I
Mata Pelajaran                      :  IPA Terpadu
Jumlah Pertemuan (1 KD)    :  4 X 40’ ( 2 x Pertemuan )

II.      Standar Kompetensi
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

III.   Kompetensi Dasar 1.3.
Mendiskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

IV.   Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Membandingkan macam organ penyusun system gerak pada manusia.
2.    Membedakan fungsi tulang rawan, tulang keras, otot, dan sendi sebagai penyusun rangka tubuh.
3.    Mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya.
4.    Mendata contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.


V.      Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat membandingkan macam organ penyusun system gerak pada manusia.
2.    Siswa dapat membedakan fungsi tulang rawan, tulang keras, otot, dan sendi sebagai penyusun rangka tubuh.
3.    Siswa dapat mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya.
4.    Siswa dapat  mendata contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin
           Rasa hormat dan perhatian
           Tekun
           Tanggung jawab
           Ketelitian

VI.   Materi Pembelajaran
Sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
Pertemuan ke 1-2
1.    Sistem gerak pada manusia tersusun dari rangka dan otot.
2.    Rangka merupakan rangkaian tulang yang mendukung dan melindungi organ tubuh yang lunak.
3.    Sendi merupakan penghubung antara tulang yang satu dengan yang lainnya.
4.    Fungsi otot adalah untuk menggerakkan bagian-bagian tubuh.
5.    Berdasarkan bentuk dan cara kerjanya otot dibagi menjadi : otot lurik, polos, dan jantung.
6.    Kelainan dan gangguan pada sistem gerak disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain : gangguan sejak lahir, infeksi penyakit, makanan, dan kebiasaan posisi tubuh yang salah.
VII.     Alokasi Waktu
1.    Pertemuan pertama untuk mencapai indikator No. 1 dan 2
2.    Pertemuan pertama untuk mencapai indikator No. 3 dan 4

VIII.  Metode Pembelajaran
  1.  Strategi pembelajaran      :  Pembelajaran kooperatif
  2.  Model pembelajaran        :  Two Stay Two Stray
  3.  Metode pembelajaran      :  Ceramah, diskusi, dan tanya jawab.

IX.   Langkah-langkah Pembelajaran
  Pertemuan Pertama
  1.  Kegiatan Pendahuluan
a.      Mengucap salam
b.      Berdoa
c.      Mengabsen
d.     Apersepsi
“Bisa ceritakan bagaimana cara kalian berpindah tempat/berjalan ?”
e.      Menuliskan indikator pembelajaran

2.  Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
·      Guru memberikan informasi agar siswa dapat memahami fungsi dan organ penyusun sistem gerak manusia.
·      Guru memberikan informasi agar siswa dapat menyebutkan macam-macam tulang penyusun rangka berdasarkan bagian-bagian yang disusunnya.
·      Guru mengajak siswa untuk mengetahui jenis-jenis otot beserta fungsinya melalui diskusi dan tanya jawab
·      Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari berbagai sumber.
·      Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
·      Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; secara disiplin, rasa hormat dan perhatian, tekun, tanggung jawab, dan teliti.
·      Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·      Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok dan masing-masing kelompok beranggotakan 4 orang.
·      Guru menugaskan tiap-tiap kelompok untuk mendiskusikan materi yang telah di tentukan.
·      Setiap kelompok di pilih sebanyak dua orang untuk bertamu ke kelompok lain dan dua sisanya tetap di kelompoknya masing-masing
·      Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas memberikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu.
·      Dua orang yang berperan sebagai tamu kembali ke kelompok asalnya.
·      Kelompok membahas dan mempresentasikan hasil diskusi  mereka.
·      Guru sebagai fasilitator, motifator dan moderator dalam  kegiatan diskusi.

§  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.    Kegiatan Penutup
a.    Dengan bantuan guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajarannya.
b.    Guru memberi tugas rumah.

  Pertemuan Kedua
  1.  Kegiatan Pendahuluan
a.      Mengucap salam
b.      Berdoa
c.      Mengabsen
d.     Apersepsi :
            “Ada yang pernah melihat engsel pintu?”
e.      Menuliskan indikator pembelajaran

2.  Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·      Guru memberikan informasi agar siswa dapat mengetahui macam-macam persendian.
·      Guru memberikan informasi agar siswa dapat memberikan contoh sendi berdasarkan sifat
geraknya
·      Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari berbagai sumber.
·      Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
·      Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; secara disiplin, rasa hormat dan perhatian, tekun, tanggung jawab, dan teliti.
·      Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·      Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok dan masing-masing kelompok beranggotakan 4 orang.
·      Guru menugaskan tiap-tiap kelompok untuk mendiskusikan materi yang telah di tentukan.
·      Setiap kelompok di pilih sebanyak dua orang untuk bertamu ke kelompok lain dan dua sisanya tetap di kelompoknya masing-masing
·      Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas memberikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu.
·      Dua orang yang berperan sebagai tamu kembali ke kelompok asalnya.
·      Kelompok membahas dan mempresentasikan hasil diskusi  mereka.
·      Guru sebagai fasilitator, motifator dan moderator dalam  kegiatan diskusi.
§  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
·      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

3.    Kegiatan Penutup
a.    Dengan bantuan guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajarannya.
b.    Guru memberi tugas rumah.

X.      Penialaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Nilai
v Membandingkan macam organ penyusun system gerak pada manusia.
Tes tulis


Tes Uraian


Jelaskan fungsi dari rangka pada tubuh manusia!

Sebutkan lima macam tulang yang menyusun tengkorak
20



20
v Membedakan fungsi tulang rawan, tulang keras, otot, dan sendi sebagai penyusun rangka tubuh.
Tes tulis




Tes Uraian



Jelaskan perbedaan antara otot lurik dan otot polos !

20
v Mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya.

Tes tulis


Tes uraian


Jelaskan apa yang dimaksud dengan sendi dan berikan contoh  sendi berdasarkan sifat geraknya !
20
v Mendata contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
Tes tulis


Tes uraian


Apa yang dimaksud dengan lordosis dan kifosis ?
20
XI.   Sumber Pembelajaran
a.    Mikrajuddin Dkk.2007. IPA Terpadu SMP dan MTS untuk kelas VIII semester 1. Erlangga. Jakarta
b.    Buku IPA yang relevan.
c.    Guru dan Siswa.




HALAMAN PENGESAHAN



Samarinda, 20 November 2012

Mengetahui,


Dosen Pembimbing





Drs. Helmy Hassan
NIP : 19540818 198903 1 004

Mahasiswa





Edwar Edi Hardadi
NIM : 0905015047




Kepala SMPN 38 Samarinda





Drs. Suseno, M.Si
NIP : 19610315 198903 1 008

Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam





Yasriani, M.Pd
NIP : 19660223 200012 2 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan comentar, kritik dan saran agar blog ini bisa lebih baik lagi...!

Test IQ