RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I. Identitas
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 38 Samarinda
Kelas / Semester : VIII / I
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Jumlah
Pertemuan (1 KD) : 4
X 40’ ( 2 x Pertemuan )
II. Standar Kompetensi
Memahami berbagai sistem dalam
kehidupan manusia.
III. Kompetensi Dasar 1.3.
Mendiskripsikan sistem gerak pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
IV.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Membandingkan macam organ penyusun system gerak pada manusia.
2.
Membedakan fungsi tulang rawan, tulang keras, otot, dan sendi sebagai
penyusun rangka tubuh.
3.
Mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya.
4.
Mendata contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot
yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.
V.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat membandingkan macam organ penyusun system gerak
pada manusia.
2.
Siswa dapat membedakan fungsi tulang rawan, tulang keras,
otot, dan sendi sebagai penyusun rangka tubuh.
3.
Siswa dapat mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya.
4.
Siswa
dapat mendata contoh kelainan dan penyakit yang
berkaitan dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari dan upaya mengatasinya.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
Rasa hormat
dan perhatian
Tekun
Tanggung jawab
Ketelitian
VI.
Materi Pembelajaran
Sistem gerak pada manusia dan hubungannya
dengan kesehatan.
Pertemuan ke 1-2
1.
Sistem gerak pada manusia tersusun
dari rangka dan otot.
2.
Rangka merupakan rangkaian tulang
yang mendukung dan melindungi organ tubuh yang lunak.
3.
Sendi merupakan penghubung antara
tulang yang satu dengan yang lainnya.
4.
Fungsi otot adalah untuk
menggerakkan bagian-bagian tubuh.
5.
Berdasarkan bentuk dan cara
kerjanya otot dibagi menjadi : otot lurik, polos, dan jantung.
6.
Kelainan dan gangguan pada sistem gerak
disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain : gangguan sejak lahir, infeksi
penyakit, makanan, dan kebiasaan posisi tubuh yang salah.
VII.
Alokasi Waktu
1.
Pertemuan pertama untuk mencapai
indikator No. 1 dan 2
2.
Pertemuan pertama untuk mencapai
indikator No. 3 dan 4
VIII. Metode Pembelajaran
1. Strategi pembelajaran : Pembelajaran kooperatif
2. Model pembelajaran : Two Stay Two Stray
3. Metode pembelajaran : Ceramah, diskusi, dan
tanya jawab.
IX. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Mengucap salam
b.
Berdoa
c.
Mengabsen
d.
Apersepsi
“Bisa ceritakan bagaimana cara kalian berpindah tempat/berjalan ?”
e.
Menuliskan indikator pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
·
Guru memberikan informasi agar
siswa dapat memahami fungsi dan organ
penyusun sistem gerak manusia.
·
Guru memberikan informasi agar
siswa dapat menyebutkan macam-macam tulang penyusun rangka berdasarkan
bagian-bagian yang disusunnya.
·
Guru mengajak siswa untuk mengetahui
jenis-jenis otot beserta fungsinya melalui diskusi dan tanya jawab
·
Guru melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dari berbagai sumber.
·
Guru menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
·
Guru memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan,
dan sumber belajar lainnya; secara disiplin, rasa hormat
dan perhatian, tekun, tanggung jawab, dan teliti.
·
Guru melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi :
·
Guru membagi siswa kedalam
beberapa kelompok dan masing-masing kelompok beranggotakan 4 orang.
·
Guru menugaskan tiap-tiap kelompok
untuk mendiskusikan materi yang telah di tentukan.
·
Setiap kelompok di pilih sebanyak
dua orang untuk bertamu ke kelompok lain dan dua sisanya tetap di kelompoknya
masing-masing
·
Dua orang yang tinggal dalam
kelompok bertugas memberikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu.
·
Dua orang yang berperan sebagai
tamu kembali ke kelompok asalnya.
·
Kelompok membahas dan
mempresentasikan hasil diskusi mereka.
·
Guru sebagai fasilitator,
motifator dan moderator dalam kegiatan
diskusi.
§
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Kegiatan
Penutup
a. Dengan bantuan guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil
pembelajarannya.
b. Guru memberi tugas rumah.
Pertemuan Kedua
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.
Mengucap salam
b.
Berdoa
c.
Mengabsen
d.
Apersepsi :
“Ada yang pernah
melihat engsel pintu?”
e.
Menuliskan indikator pembelajaran
2. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru memberikan informasi agar
siswa dapat mengetahui macam-macam persendian.
·
Guru memberikan informasi agar
siswa dapat memberikan contoh sendi berdasarkan sifat
geraknya
·
Guru melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dari berbagai sumber.
·
Guru menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
·
Guru memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya; secara disiplin, rasa hormat
dan perhatian, tekun, tanggung jawab, dan teliti.
·
Guru melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi :
·
Guru membagi siswa kedalam
beberapa kelompok dan masing-masing kelompok beranggotakan 4 orang.
·
Guru menugaskan tiap-tiap kelompok
untuk mendiskusikan materi yang telah di tentukan.
·
Setiap kelompok di pilih sebanyak
dua orang untuk bertamu ke kelompok lain dan dua sisanya tetap di kelompoknya
masing-masing
·
Dua orang yang tinggal dalam
kelompok bertugas memberikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu.
·
Dua orang yang berperan sebagai
tamu kembali ke kelompok asalnya.
·
Kelompok membahas dan
mempresentasikan hasil diskusi mereka.
·
Guru sebagai fasilitator,
motifator dan moderator dalam kegiatan
diskusi.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
·
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa.
·
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
3. Kegiatan Penutup
a.
Dengan bantuan guru, siswa membuat
kesimpulan dari hasil pembelajarannya.
b.
Guru memberi tugas rumah.
X. Penialaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Nilai
|
v Membandingkan macam
organ penyusun system gerak pada manusia.
|
Tes tulis
|
Tes Uraian
|
Jelaskan fungsi dari rangka pada tubuh manusia!
Sebutkan lima macam tulang yang menyusun tengkorak
|
20
20
|
v Membedakan fungsi tulang
rawan, tulang keras, otot, dan sendi sebagai penyusun rangka tubuh.
|
Tes tulis
|
Tes Uraian
|
Jelaskan
perbedaan antara otot lurik dan otot polos !
|
20
|
v Mengidentifikasi macam
sendi dan fungsinya.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Jelaskan apa yang dimaksud dengan sendi dan berikan contoh sendi berdasarkan sifat geraknya !
|
20
|
v Mendata contoh kelainan
dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
Apa yang dimaksud dengan lordosis dan kifosis ?
|
20
|
XI. Sumber Pembelajaran
a.
Mikrajuddin
Dkk.2007. IPA Terpadu SMP
dan MTS untuk kelas VIII semester 1. Erlangga. Jakarta
b.
Buku
IPA yang relevan.
c.
Guru
dan Siswa.
HALAMAN PENGESAHAN
Samarinda, 20
November 2012
Mengetahui,
Dosen Pembimbing
Drs. Helmy Hassan
NIP : 19540818 198903 1 004
|
|
Mahasiswa
Edwar Edi Hardadi
NIM : 0905015047
|
Kepala SMPN 38 Samarinda
Drs. Suseno, M.Si
NIP :
19610315 198903 1 008
|
|
Guru
Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
Yasriani, M.Pd
NIP : 19660223 200012 2 002
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan comentar, kritik dan saran agar blog ini bisa lebih baik lagi...!