Blog Biology

Rabu, 12 Desember 2012

RPP Sistem Pencernaan pd Manusia (kelas VIII)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


I.    Identitas
Satuan Pendidikan                :  SMP Negeri 38 Samarinda
Kelas / Semester                   :  VIII / I
Mata Pelajaran                      :  IPA Terpadu
Jumlah Pertemuan (1 KD)    :  4 X 40’ ( 2 x Pertemuan )

II.      Standar Kompetensi
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

III.   Kompetensi Dasar 1.4.
Mendiskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

IV.   Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun system pencernaan pada manusia
2.    Mendeskripsikan jenis  makanan berdasarkan  kandungan zat yang ada di dalamnya.
3.    Membandingkan  pencernaan mekanik dan kimiawi.
4.    Menyebutkan contoh-contoh kelainan dan penyakit pada system pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.


V.      Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat  membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun system pencernaan pada manusia.
2.    Siswa dapat  mendeskripsikan jenis  makanan berdasarkan  kandungan zat yang ada di dalamnya.
3.    Siswa dapat membandingkan  pencernaan mekanik dan kimiawi.
4.    Siswa dapat  menyebutkan contoh-contoh kelainan dan penyakit pada system pencernaan yang biasa jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin
           Rasa hormat dan perhatian
           Tekun
           Tanggung jawab
           Ketelitian

VI.   Materi Pembelajaran
Sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
Pertemuan ke 1-2
1.    Fungsi makanan bagi tubuh.
2.    Unsur-unsur yang terkandunga didalam makanan.
3.    Organ-organ dan saluran pencernaan pada manusia, meliputi mulut, tenggorokan, lambung, usus halus, usus besar dan anus.
4.    Kelainan dan penyakit pada system pencernaan pada manusia.

VII.     Alokasi Waktu
1.    Pertemuan pertama untuk mencapai indikator No. 1 dan 2
2.    Pertemuan pertama untuk mencapai indikator No. 3 dan 4
VIII.  Metode Pembelajaran
  1.  Strategi pembelajaran      :  Pembelajaran kooperatif
  2.  Model pembelajaran        :  Talking Stick
  3.  Metode pembelajaran      :  Ceramah, diskusi, dan tanya jawab.

IX.   Langkah-langkah Pembelajaran
  Pertemuan Pertama
  1.  Kegiatan Pendahuluan
a.      Mengucap salam
b.      Berdoa
c.      Mengabsen
d.     Apersepsi
Apakah ketika kalian selesai makan, makanan tersebut langsung kalian keluarkan melalui anus ?”
e.      Menuliskan indikator pembelajaran

2.  Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
·      Guru memberikan informasi agar siswa dapat membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun system pencernaan pada manusia.
·      Guru memberikan informasi agar siswa dapat mendeskripsikan jenis  makanan berdasarkan  kandungan zat yang ada di dalamnya.
·      Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari berbagai sumber.
·      Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
·      Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; secara disiplin, rasa hormat dan perhatian, tekun, tanggung jawab, dan teliti.
·      Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·      Guru menyiapkan tongkat
·      Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membaca dan mempelajari materi.
·      Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok, kemudian mengambil tongkat, dan memberikannya pada peserta didik.
·      Guru menyalakan musik dan siswa mulai menggilir tongkat dari peserta didik satu ke peserta didik yang lainnya. Tongkat digilir mulai dari kelompok 1.
·      Guru mematikan musik, setelah itu guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang memegang tongkat pada saat musik dimatikan. Siswa harus menjawab pertanyaan dari guru.
·      Demikian seterusnya sampai sebagian besar peserta didik mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
·      Guru memberi reward bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan.
§  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.    Kegiatan Penutup
a.    Dengan bantuan guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajarannya.
b.    Guru memberi tugas rumah.

  Pertemuan Kedua
  1.  Kegiatan Pendahuluan
a.      Mengucap salam
b.      Berdoa
c.      Mengabsen
d.     Apersepsi :
            Apa yang terjadi jika kalian minum atau makan makanan yang masih mentah ?”
e.      Menuliskan indikator pembelajaran

2.  Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·      Guru memberikan informasi agar siswa dapat membandingkan  pencernaan mekanik dan kimiawi.
·      Guru memberikan informasi agar siswa dapat menyebutkan contoh-contoh kelainan dan penyakit pada system pencernaan yang biasa jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.
·      Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari berbagai sumber.
·      Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
·      Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; secara bersahabat, disiplin, hati-hati, mandiri, objektif, peduli kesehatan, percaya diri, rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan teliti.
·      Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·      Guru menyiapkan tongkat
·      Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membaca dan mempelajari materi.
·      Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok, kemudian mengambil tongkat, dan memberikannya pada peserta didik.
·      Guru menyalakan musik dan siswa mulai menggilir tongkat dari peserta didik satu ke peserta didik yang lainnya. Tongkat digilir mulai dari kelompok 1.
·      Guru mematikan musik, setelah itu guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang memegang tongkat pada saat musik dimatikan. Siswa harus menjawab pertanyaan dari guru.
·      Demikian seterusnya sampai sebagian besar peserta didik mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
·      Guru memberi reward bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan.

§  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
·      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

3.    Kegiatan Penutup
a.    Dengan bantuan guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajarannya.
b.    Guru memberi tugas rumah.

X.      Penialaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Nilai
·       Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia
Tes tulis





Tes uraian




Jelaskan fungsi dari pancreas dan lambung  !

Jelaskan fungsi dari usus halus !

20



20
·       Mendeskripsikan jenis makanan berdasar kandungan zat yang ada di dalamnya
Tes tulis



Tes uraian



Sebutkan 3 contoh jenis makanan yang kandungan zatnya berupa protein!
20



·       Membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi,
Tes tulis


Tes uraian


Sebutkan alat tubuh yang berperan pada pencernaan mekanik dan kimia !
20

·       Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

Tes tulis




Tes uraian



Berikan dua contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernakan dan jelaskan !

20


               



























XI.   Sumber Pembelajaran
a.    Mikrajuddin Dkk.2007. IPA Terpadu SMP dan MTS untuk kelas VIII semester 1. Erlangga. Jakarta
b.    Buku IPA yang relevan.
c.    Guru dan Siswa.




      HALAMAN PENGESAHAN



Samarinda, 20 November 2012

Mengetahui,


Dosen Pembimbing





Drs. Helmy Hassan
NIP : 19540818 198903 1 004

Mahasiswa





Edwar Edi Hardadi
NIM : 0905015047




Kepala SMPN 38 Samarinda





Drs. Suseno, M.Si
NIP : 19610315 198903 1 008

Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam





Yasriani, M.Pd
NIP : 19660223 200012 2 002


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan comentar, kritik dan saran agar blog ini bisa lebih baik lagi...!

Test IQ