Blog Biology

Senin, 29 Oktober 2012

ENTOMOLOGI " Manthophasmatodea "



Manthophasmatodea

Ordo Manthophasmatodea merupakan serangga yang ditemukan di Afrika tahun 2002. Serangga ini dikenal sebagai serangga yang berjalan dengan tumit (hell walker) atau serangga gladiator. Bentuk morfologinya sama dengan belalang sembah dan bebalang kayu, tetapi tdak memiliki sayap. Belum diketahui secara pasti status ordo serangga ini.
Ciri- ciri ordo Manthophasmatodea

  Tidak bersayap
  Jantan relatif kecil dibandingkan betina
  Antena relatif panjang
  Alat mulut menggigit mengunyah dengan posisi hypognatus
  Tipe metamorfosis paurometabola (telur ,nimfa, imago)
  Kepala orthogonath
  kaki belakang digunakan untuk melompat
  karnivora
Heelwalkers adalah karnivora, menangkap mangsa serangga cukup kecil seperti kutu (Psocoptera), lalat (Diptera), dan serangga lainnya. Mata sangat besar, yang digunakan untuk mengintai mangsa sebelum menangkapnya. Sebagian besar spesies Afrika Selatan aktif di malam hari, namun dilaporkan bahwa setidaknya beberapa spesies Namibia (Sclerophasma) adalah diurnal. Yang pertama menghabiskan siang hari tersembunyi di dasar tanaman tussock (rumput atau restios), berkeliaran di permukaan tanaman pada malam hari untuk menangkap mangsanya. Mereka juga terjadi pada vegetasi semak rendah
Sebelum kawin, baik jantan dan betina berkomunikasi melalui menekan perut terhadap substrat, membuat suara yang dapat didengar. Komunikasi dapat didengar, tapi karena tidak ada telinga yang jelas pada serangga-serangga ini, ada kemungkinan bahwa sinyal  getaran. Betina mengeluarkan suara  dengan frekuensi yang lebih rendah daripada jantan, Jantan naik di punggung betina dengan sangat cepat, mencengkeram punggungnya dengan sepasang kaki depan. Pada hewan jantan terdapat Cerci yang digunakan sebagai penjepit untuk mempertemukan  alat kelamin jantan dan kelamin betina berdekatan. Proses kawin  berlangsung selama 1-3 hari.
Berikut contoh serangga ordo dari Manthophasmatodea 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan comentar, kritik dan saran agar blog ini bisa lebih baik lagi...!

Test IQ