Blog Biology

Rabu, 03 Oktober 2012

ENTOMOLOGI “ORDO HYMENOPTERA”



ENTOMOLOGI
“ORDO HYMENOPTERA
                                              



 


 

DISUSUN OLEH :
NAMA    : EDWAR EDI HARDADI
NIM         : 0905015047
KELAS   : PEND. BIOLOGI/ REG. PAGI B


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITA MULAWARMAN
SAMARINDA
2012


Topik      : ORDO HYMENOPTERA
Tenggal  : Rabu, 03 OKTOBER 2012
Materi     :

A.   ORDO HYMENOPTERA
Ciri-ciri ordo hymenoptera adalah :
·         Mengalami metamorfosis sempurna.
·         Tipe alat mulut penggigit atau penggigit-pengisap yang dilengkapi flabellum sebagai alat pengisapnya.
·         Metamorfose sempurna (Holometabola) yang melalui stadia : telur-> larva–> kepompong —> dewasa.
·         Sayap terdiri dari dua pasang dan membranus. Sayap depan umumnya lebih besar daripada sayap belakang. Pada kepala dijumpai adanya antene (sepasang), mata facet dan occelli.
·         Contoh : Lebah madu (Apis), tawon (Xylocopa latipes), semut hitam (Monomorium sp.). Anggota famili Braconidae, Chalcididae, Ichnemonidae, Trichogrammatidae dikenal sebagai tabuhan parasit penting pada hama tanaman.Beberapa contoh anggotanya antara lain adalah : Trichogramma sp. (parasit telur penggerek tebu/padi), Apanteles artonae Rohw. (tabuhan parasit ulat Artona). Tetratichus brontispae Ferr. (parasit kumbang Brontispa)
Klasifikasi :
SUB ORDO :
Symphyta
Subordo Symphyta termasuk lalat daun, ekor tanduk, dan tawon kayu parasit. Kelompok ini nampaknya parafiletik, karena sering dipercaya bahwa famili Orussidae ada dalam kelompok yang dari situ Apocrita berkembang. Mereka memiliki simpangan tak menyempit antara thorax dan abdomen, dan larva-larva dari bentuk yang hidup bebas biasanya herbivora, berkaki, berkaki depan (di tiap segmen, tak seperti Lepidoptera), dan ocelli.
Apocrita
Tawon, lebah, dan semut membentuk subordo Apocrita, dicirikan dengan penyempitan antara segmen abdomen pertama dan kedua yang disebut pinggang tawon (petiola), juga melibatkan bersatunya segmen abdomen pertama pada thorax. Larva-larva semua Apocrita juga tak berkaki, berkaki depan, maupun ocelli.
FAMILI :
Family Ichneumonidae
Famili Ichneumonidae termasuk yang terbesar di Hymenoptera (30 ribu spesies). Sebagian besar anggotanya bersifat parasitoid pada serangga endopterygota muda. Serangga yang bersifat ektoparasitoid, biasanya berasosiasi dengan inang yang sesil, endofag, atau keduanya, sedangkan yang endoparasitoid, biasanya berasosiasi dengan inang yang aktif.

Family Braconidae
Serangga ini berkerabat dekat dengan tabuhan Ichneumonidae, mempunyai inang beragam dan bersifat parasitoid, kebanyakan endoparasitoid pada larva dan dewasa endopterygota dan pada nimfa Hemiptera dan Homoptera. Strategi reproduksi yang dimiliki serangga ini adalah polyembrionik.
Family Formicidae (semut)
Semua semut berupa serangga sosial (eusosial), biasanya koloninya tetap dan dapat bertahan bertahun-tahun, untuk beberapa spesies nomadic, dan tidak ada koloni tetap, misalnya army ants. Semut ada yang bersifat predator, omnivor, fitofag, atau mycetofag. Semut dikenal sebagai agen hayati pertama di Cina untuk mengendalikan ulat dan kumbang kayu pada Jeruk. Dalam kehidupannya ada perbudakan dengan menculik pupa serangga lain untuk dijadikan pekerja, atau ada juga yang bersifat parasit sosial yaitu dengan menyerang sarang spesies lain, dan myrmecophily, yaitu niche ditempati dengan baik oleh kumbang dan beberapa lalat, dan jika ada larva tamu, maka akan dimangsa oleh anak-anak semut atau semut pemakan bangkai dalam koloni.

Family Vespidae (paper wasp/tabuhan kertas, yellow jacket, hornets)
Dalam famili ini semua tingkatan sosial ada, dari soliter, misalnya potter wasp, hingga yang hidup koloni eusosial, misalnya pada paper wasp, yellow jacket,dan hornets. Pada spesies zoofag dalam membunuh mangsa menggunakan mandibelnya. sengat digunakan untuk melumpuhkan mangsa (primitif) atau untuk pertahanan koloni (maju). Warna tertentu dari serangga ini digunakan sebagai peringatan bahaya (warning coloration), dan banyak serangga lain yang meniru (mimic) pola-pola warna tersebut.
Family Sphecidae (soliter, penggali, thread-waisted wasp)
Famili ini sebagian besar soliter, kecuali untuk 1-2 spesies yang bersarang di tanah. Mereka bersifat zoofag (sejumlah serangga lain dan laba-laba sebagai mangsa). Ovipositor (sengat) diguanakan untuk melumpuhkan mangsa. Di dalam populasinya terdapat generasi yang overlapping.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan comentar, kritik dan saran agar blog ini bisa lebih baik lagi...!

Test IQ