ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU I
APKG I
LEMBAR PENILAIAN RENCANA PEMBELAJARAN
1. Nama Calon Guru :
EDWAR EDI HARDADI
2. NIM :
0905015047
3. Sekolah Lanjutan : SMA
4. Hari/Tanggal :
Selasa/ 20 April 2012
5. Jenis Kegiatan :
Ujian PPL I
6. Pelatihan/Ujian ke : I
PETUNJUK
Baca dengan cermat
pembelajaran yang akan digunakan oleh mahasiswa ketika mengajar. Kemudian
nilailah semua aspek dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian
dibawah ini.
1. PENENTUAN BAHAN PEMBELAJARAN DAN MERUMUSKAN TUJUAN
1 2 3 4









Rata-rata 1 : A =
2.
PEMILIHAN DAN PENGORGANISASIAN MATERI,
MEDIA, DAN SUMBER
1 2 3 4













Rat-rata
2 : B =
3. PERANCANGAN SKENARIO/STRATEGI PEMBELAJARAN








3.3 



Pilihan cara-cara memotivasi siswa





Rata-rata butir 3 : C =
4. RANCANGAN PENGELOLAAN KELAS
1 2 3 4








agar
dapat berpartisipasi aktif dalam

Rata-rata butir 4 : D =
5. RANCANGAN PROSEDUR DAN PERSIAPAN
ALAT EVALUASI
1 2 3 4









Rata-rata 5: E =
6. KESAN UMUM RENCANA PEMBELAJARAN









Rata-rata butir 6 : F =
6
|
Nilai
Akhir G1= A + B + C + D + E + F
![]() |
=
Samarinda, 20 April 2012
Dosen Pembimbing
Dra. Herliani, M.Pd
NIP. 196709121992032002
|
|
|
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN
GURU II
APKG II
LEMBAR PENILAIAN PROSEDUR PEMBELAJARAN
1. Nama Calon Guru :
EDWAR EDI HARDADI
2. NIM :
0905015047
3. Sekolah Lanjutan : SMA
4. Hari/Tanggal :
Selasa / 20 April 2012
5. Jenis Kegiatan :
Ujian PPL I
6. Pelatihan/Ujian ke : I
PETUNJUK
1. Amatilah dengan cermat kegiatan
belajar-mengajar (KBM) yang sedang berlangsung.
2. Pusatkan kemampuan anda pada kemampuan
guru dalam mengelola KMB, serta dampaknya bagi diri siswa.
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan
menggunakan butir-butir penilaian dibawah ini.
4. Nilailah semua aspek kemampuan guru.
1. MENGELOLA TUGAS RUTIN, FASILITAS
BELAJAR, DAN WAKTU
1 2 3 4








1.2 Mengelola tugas rutin kelas
1.3 


Menyediakan alat bantu pembelajaran dan







1.4
Menggunakan waktu pembelajaran secara

efisien

Rata-rata 1 : G =
2. MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN
1 2 3 4




sesuai
dengan tujuan, siswa, materi, situasi, dan
lingkungan




sesuai
dengan tujuan, siswa, materi, situasi, dan
lingkungan





Rata-rata 2
: H =
3. BERKOMUNIKASI DENGAN SISWA
1 2 3 4




berkaitan
dengan isi pembelajaran




apabila
siswa salah mengerti








3.4 Menggunakan
ekspresi lisan atau tertulis

Rata-rata butir 3: I =
4. MENDEMONSTRASIKAN KHASANAH METODE
MENGAJAR




dalam
urutan yang logis




pembelajaran
dengan menggunakan berbagai metode yang tepat




pembelajaran
secara individual di dalam kelompok kecil atau

Rata-rata butir 4: J =
5. MENDEMONSTRASIKAN PENGUASAAN MATA PELAJARAN
1 2 3 4




dan
pentingnya topik





Rata-rata butir 5
: K =
6. MENDORONG
DAN MENGGALAKKAN KETERLIBATAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN
1 2 3 4




siswa
pada awal pembelajaran




berpartisipasi
dalam pembelajaran




pembelajaran




keterlibatan
siswa dalam proses belajar-mengajar
![]() |
Rata-rata butir 6: L =
7. MELAKSANAKAN EVALUASI PROSES DAN
HASIL BELAJAR




pembelajaran




pembelajaran




![]() |
Rata-rata butir 7: M =
8. MENUTUP PEMBELAJARAN
1 2 3 4




materi
pembelajaran





Rata-rata
butir 8 : N =
9. KESAN UMUM PELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN
1 2 3 4












siswa





Rata-rata butir 9 : O =
9
|
Nilai Akhir G2= G + H + I + J + K + L + M + N + O
![]() |
=
Samarinda, 20 April 2012
Dosen
Pembimbing
Dra. Herliani, M.Pd
NIP.
196709121992032002
|
|
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU
III
APKG III
LEMBAR PENILAIAN HUBUNGAN ANTAR PRIBADI
1. Nama Calon Guru :
EDWAR EDI HARDADI
2. NIM :
0905015047
3. Sekolah Lanjutan : SMA
4. Hari/Tanggal :
Selasa / 20 April 2012
5. Jenis Kegiatan :
Ujian PPL I
6. Pelatihan/Ujian ke : I
PETUNJUK
1. Amatilah secara seksama cara guru
berinteraksi dengan siswa ketika melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM).
2. Nilailah kemampuan dan cara guru melakukan
hubungan dengan siswa itu dengan menggunakan butir-butir penilaian dibawah ini.
3. Jika salah satu indiktor atau deskriptor
tidak muncul dalam pelaksanaan KBM sehingga anda sulit menilainya, maka
nilailah indikator atau deskriptor itu dengan melihat kembali catatan-catatan
yang pernah anda buat atau tanyakanlah kepada narasumber (guru pamong, dosen
pembimbing, kepala sekolah, atau teman praktik), atau wawancarailah langsung
mahasiswa calon guru itu.
4. Nilailah semua aspek kemampuan guru.
1. membantu mengembangkan sikap
positif pada diri siswa
1 2 3 4




dan kelemahan diri




kepercayaan
diri








keputusan yang
sesuai bagi dirinya

2. BERSIKAP TERBUKA DAN LUWES TERHADAP SISWA ATAU ORANG LAIN
1 2 3 4




pendapat
siswa dan orang lain








2.3 Menerima
siswa sebagaimana adanya




terhadap
perasaan dan kesukaan siswa




pengertian,
dan sabar baik kepada

Rata-rata butir
2 : Q =
3. MENANPILKAN
KEGAIRAHAN DAN KESUNGGUHAN DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DAN DALAM PELAJARAN
YANG DIAJARKAN
1 2 3 4












guru
bergairah dengan apa yang diajarkan

Rata-rata
butir 3: R =
4. MENGELOLA INTERAKSI PERILAKU
DALAM KELAS




yang
sehat dan serasi




siswa
serta antara guru dan siswa
terpelihara
dengan baik




diinginkan

Rata-rata butir 4:
S =
Nilai Akhir G2 = P + Q + R + S
4

Samarinda, 20 April 2012
Dosen Pembimbing
Dra. Herliani, M.Pd
NIP. 196709121992032002
|
|
|
izin copas, terimakasih sangat membantu :)
BalasHapussama-sama ^_^
Hapus