Blog Biology

Kamis, 10 Mei 2012

Contoh ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG)


ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU I
APKG I
LEMBAR PENILAIAN RENCANA  PEMBELAJARAN

1. Nama Calon Guru            : EDWAR EDI HARDADI
2. NIM                                 : 0905015047
3. Sekolah Lanjutan             : SMA
4. Hari/Tanggal                    : Selasa/ 20 April 2012
5. Jenis Kegiatan                  : Ujian PPL I
6. Pelatihan/Ujian ke            : I
PETUNJUK
Baca dengan cermat pembelajaran yang akan digunakan oleh mahasiswa ketika mengajar. Kemudian nilailah semua aspek dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian dibawah ini.
1.      PENENTUAN BAHAN PEMBELAJARAN DAN MERUMUSKAN TUJUAN
                                                                                   1                2                 3              4
1.1 Penggunan bahan pembelajaran yang sesuai
dengan kurikulum
2.1 Perumusan tujuan pembelajaran khusus
                                            Rata-rata 1 :  A =

2.      PEMILIHAN DAN PENGORGANISASIAN MATERI, MEDIA, DAN      SUMBER
                                                                                    1                2                3              4
2.1 Pengorganisasian materi ujian
2.2 Penentuan alat bantu mengajar
2.3 Penentuan sumber belajar
                                                                                     
                                               Rat-rata 2 : B =
3.      PERANCANGAN SKENARIO/STRATEGI PEMBELAJARAN
                                                                                   1              2                   3              4
3.1 Pilihan jenis kegiatan belajar
3.2 Susunan langkah-langkah mengajar
3.3 Pilihan cara-cara memotivasi siswa
                                    Rata-rata butir 3 :  C =



4.      RANCANGAN PENGELOLAAN KELAS

                                                                                   1                2                 3              4
4.1 Penetapan alokasi waktu belajar-mengajar
4.2 Pilihan cara-cara pengorganisasian siswa
      agar dapat berpartisipasi aktif dalam
      kegiatan belajar-mengajar
             Rata-rata butir 4 :  D =                      
5.   RANCANGAN PROSEDUR DAN PERSIAPAN ALAT EVALUASI
                                                                                    1                2                3              4
5.1 Penentuan jenis dan prosedur penilaian
5.2 Pembuatan alat-alat penilaian
                                                                                     
                                    Rata-rata  5: E =
6.   KESAN UMUM RENCANA PEMBELAJARAN
                                                                                   1              2                   3              4
6.1 Kebersihan dan kerapian
6.2 Penggunaan bahasa tulis
                                    Rata-rata butir 6 :  F =



6
            Nilai Akhir G1=   A + B + C + D + E + F




 

                                                =



  Samarinda, 20 April 2012

      Dosen Pembimbing







      Dra. Herliani, M.Pd
  NIP. 196709121992032002




ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU II
APKG II
LEMBAR PENILAIAN PROSEDUR  PEMBELAJARAN

1. Nama Calon Guru            : EDWAR EDI HARDADI
2. NIM                                 : 0905015047
3. Sekolah Lanjutan             : SMA
4. Hari/Tanggal                    : Selasa / 20 April  2012
5. Jenis Kegiatan                  : Ujian PPL I
6. Pelatihan/Ujian ke            : I
PETUNJUK
1.      Amatilah dengan cermat kegiatan belajar-mengajar (KBM) yang sedang berlangsung.
2.      Pusatkan kemampuan anda pada kemampuan guru dalam mengelola KMB, serta dampaknya bagi diri siswa.
3.      Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian dibawah ini.
4.      Nilailah semua aspek kemampuan guru.
1.   MENGELOLA TUGAS RUTIN, FASILITAS BELAJAR, DAN WAKTU
                                                                                   1                2                 3              4
1.1 Membuat siswa menyadari kekuatan
dan kelemahan diri
1.2  Mengelola tugas rutin kelas
1.3  Menyediakan alat bantu pembelajaran dan
      sumber belajar yang diperlukan
1.4  Menggunakan waktu pembelajaran secara
      efisien
                                                                                     
                                              Rata-rata 1 :  G =

2.   MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN

                                                                                   1                2                 3              4
2.1 Menggunakan kegiatan pembelajaran yang
      sesuai dengan tujuan, siswa, materi, situasi, dan
      lingkungan
2.2 Menggunakan alat bantu pembelajaran yang
      sesuai dengan tujuan, siswa, materi, situasi, dan
      lingkungan
2.3 Melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam
      urutan yang logis
                                    Rata-rata 2 :  H =
3.   BERKOMUNIKASI DENGAN SISWA
                                                                                    1                2                3              4
3.1 Memberi petunjuk dan penjelasan yang
      berkaitan dengan isi pembelajaran
3.2 Mengklarifikasikan petunjuk dan penjelasan
      apabila siswa salah mengerti
3.3 Menggunakan respon dan pertanyaan
      siswa dalam pembelajaran
3.4 Menggunakan ekspresi lisan atau tertulis
      yang dapat ditangkap siswa
                                    Rata-rata butir  3: I =

4.   MENDEMONSTRASIKAN KHASANAH METODE MENGAJAR
                                                                                   1              2                   3              4
4.1 Mengimplementasikan kegiatan belajar
      dalam urutan yang logis
4.2 Mendemonstrasikan kemampuan
      pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode yang tepat
4.3 Mendemonstrasikan kemampuan
      pembelajaran secara individual di dalam kelompok kecil atau
      kelompok besar dalam kelas
                                    Rata-rata butir 4: J =

5.   MENDEMONSTRASIKAN PENGUASAAN MATA PELAJARAN

                                                                                   1                2                 3              4
5.1 Membantu siswa mengenal maksud
      dan pentingnya topik       
5.2 Mendemonstrasikan penguasaan terhadap
      bahan pembelajaran
                                   Rata-rata butir 5 : K =
6.   MENDORONG DAN MENGGALAKKAN KETERLIBATAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN                                        
                                                                                    1                2                3              4
6.1 Menggunakan prosedur yang melibatkan
      siswa pada awal pembelajaran     
6.2 Memberi kesempatan kepada siswa untuk
      berpartisipasi dalam pembelajaran           
6.3 Memelihara keterlibatan siswa dalam
      pembelajaran
6.4 Upaya guru untuk meningkatkan
      keterlibatan siswa dalam proses belajar-mengajar


 

                                    Rata-rata butir  6: L =

7.   MELAKSANAKAN EVALUASI PROSES DAN HASIL BELAJAR
                                                                                   1              2                   3              4
7.1 Melaksanakan penilaian selama proses
       pembelajaran       
7.2 Melaksanakan penilaian pada akhir
      pembelajaran        
7.3 Memberikan balikan pada siswa


 

                                    Rata-rata butir 7: M =

8.   MENUTUP PEMBELAJARAN

                                                                                   1                2                 3              4
8.1 Membuat rangkuman/ringkasan
      materi pembelajaran
8.2 Melaksanakan tindak lanjut
                                             
                                 Rata-rata butir 8 :  N =







9.   KESAN UMUM PELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
                                                                                    1                2                3              4
9.1 Keefektifan pembelajaran
9.2 Penggunaan bahasa indonesia lisan
9.3 Kepekaan terhadap kesalahan berbahasa
      siswa
9.2 Penampilan guru dalam pembelajaran
                                   
                                 Rata-rata butir 9 :  O =

                 9
                        Nilai Akhir G2=   G + H + I + J + K + L + M + N + O




 

                                                =



 

                                                            Samarinda, 20 April 2012


                                                                       Dosen Pembimbing









Dra. Herliani, M.Pd
NIP. 196709121992032002











ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU III
APKG III
LEMBAR PENILAIAN HUBUNGAN ANTAR PRIBADI

1. Nama Calon Guru            : EDWAR EDI HARDADI
2. NIM                                 : 0905015047
3. Sekolah Lanjutan             : SMA
4. Hari/Tanggal                    : Selasa / 20 April 2012
5. Jenis Kegiatan                  : Ujian PPL I
6. Pelatihan/Ujian ke            : I

PETUNJUK
1.      Amatilah secara seksama cara guru berinteraksi dengan siswa ketika melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM).
2.      Nilailah kemampuan dan cara guru melakukan hubungan dengan siswa itu dengan menggunakan butir-butir penilaian dibawah ini.
3.      Jika salah satu indiktor atau deskriptor tidak muncul dalam pelaksanaan KBM sehingga anda sulit menilainya, maka nilailah indikator atau deskriptor itu dengan melihat kembali catatan-catatan yang pernah anda buat atau tanyakanlah kepada narasumber (guru pamong, dosen pembimbing, kepala sekolah, atau teman praktik), atau wawancarailah langsung mahasiswa calon guru itu.
4.      Nilailah semua aspek kemampuan guru.

1.   membantu mengembangkan sikap positif pada diri siswa
                                                                                   1                2                 3              4
1.1 Membantu siswa menyadari kekuatan
dan kelemahan diri
1.2 Membantu siswa menumbuhkan
      kepercayaan diri
1.3 Membantu menjelaskan pikiran  
      dan perasaan siswa
1.4 Membantu siswa agar mampu mengambil
      keputusan yang sesuai bagi dirinya
                                              Rata-rata 1 : P =

                                                                                 
2.   BERSIKAP TERBUKA DAN LUWES TERHADAP SISWA ATAU ORANG LAIN
                                                                                   1           2          3          4
2.1 Menunjukkan sikap terbuka terhadap
      pendapat siswa dan orang lain                 
2.2 Menunjukkan sikap luwes baik di dalam
      maupun di luar kelas
2.3 Menerima siswa sebagaimana adanya
2.4 Menunjukkan sikap simpati dan sensitif
      terhadap perasaan dan kesukaan siswa
2.5 Menunjukkan sikap ramah, penuh
      pengertian, dan sabar baik kepada
      siswa maupun orang lain
                                   Rata-rata butir 2 : Q =

3.   MENANPILKAN KEGAIRAHAN DAN KESUNGGUHAN DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DAN DALAM PELAJARAN YANG DIAJARKAN                                        
                                                                                    1                2                3              4
3.1 Menunjukkan kegairahan dalam mengajar           
3.2 Merangsang minat siswa untuk belajar                
3.3 Memberikan kesan kepada siswa bahwa
      guru bergairah dengan apa yang diajarkan
      dan cara mengajarkannya
                                    Rata-rata butir  3: R =

4.   MENGELOLA INTERAKSI PERILAKU DALAM KELAS
                                                                                   1              2                   3              4
4.1 Mengembangkan hubungan antara pribadi
      yang sehat dan serasi       
4.2 Memberikan tuntunan agar interaksi antar
      siswa serta antara guru dan siswa
      terpelihara dengan baik
4.3 Menangani perilaku siswa yang tidak
      diinginkan                      
                                    Rata-rata butir 4: S =
                       
             
                 Nilai Akhir G2  = P + Q + R + S
                                                         4
                                            =






  Samarinda,  20 April 2012



   Dosen Pembimbing







   Dra. Herliani, M.Pd
   NIP. 196709121992032002

















2 komentar:

silahkan comentar, kritik dan saran agar blog ini bisa lebih baik lagi...!

Test IQ