ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU I
APKG I
LEMBAR PENILAIAN RENCANA PEMBELAJARAN
1. Nama Calon Guru :
EDWAR EDI HARDADI
2. NIM :
0905015047
3. Sekolah Lanjutan : SMA
4. Hari/Tanggal :
Selasa/ 20 April 2012
5. Jenis Kegiatan :
Ujian PPL I
6. Pelatihan/Ujian ke : I
PETUNJUK
Baca dengan cermat
pembelajaran yang akan digunakan oleh mahasiswa ketika mengajar. Kemudian
nilailah semua aspek dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian
dibawah ini.
1. PENENTUAN BAHAN PEMBELAJARAN DAN MERUMUSKAN TUJUAN
1 2 3 4
1.1 Penggunan bahan pembelajaran yang sesuai
dengan kurikulum
2.1 Perumusan tujuan pembelajaran khusus
Rata-rata 1 : A =
2.
PEMILIHAN DAN PENGORGANISASIAN MATERI,
MEDIA, DAN SUMBER
1 2 3 4
2.1 Pengorganisasian materi ujian
2.2 Penentuan alat bantu mengajar
2.3 Penentuan sumber belajar
Rat-rata
2 : B =
3. PERANCANGAN SKENARIO/STRATEGI PEMBELAJARAN
1 2 3 4
3.1 Pilihan jenis kegiatan belajar
3.2 Susunan langkah-langkah mengajar
3.3 Pilihan cara-cara memotivasi siswa
Rata-rata butir 3 : C =
4. RANCANGAN PENGELOLAAN KELAS
1 2 3 4
4.1 Penetapan alokasi waktu
belajar-mengajar
4.2 Pilihan cara-cara
pengorganisasian siswa
agar
dapat berpartisipasi aktif dalam
kegiatan belajar-mengajar
Rata-rata butir 4 : D =
5. RANCANGAN PROSEDUR DAN PERSIAPAN
ALAT EVALUASI
1 2 3 4
5.1 Penentuan jenis dan prosedur penilaian
5.2 Pembuatan alat-alat penilaian
Rata-rata 5: E =
6. KESAN UMUM RENCANA PEMBELAJARAN
1 2 3 4
6.1 Kebersihan dan kerapian
6.2 Penggunaan
bahasa tulis
Rata-rata butir 6 : F =
6
|
Nilai
Akhir G1= A + B + C + D + E + F
=
Samarinda, 20 April 2012
Dosen Pembimbing
Dra. Herliani, M.Pd
NIP. 196709121992032002
|
|
|
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN
GURU II
APKG II
LEMBAR PENILAIAN PROSEDUR PEMBELAJARAN
1. Nama Calon Guru :
EDWAR EDI HARDADI
2. NIM :
0905015047
3. Sekolah Lanjutan : SMA
4. Hari/Tanggal :
Selasa / 20 April 2012
5. Jenis Kegiatan :
Ujian PPL I
6. Pelatihan/Ujian ke : I
PETUNJUK
1. Amatilah dengan cermat kegiatan
belajar-mengajar (KBM) yang sedang berlangsung.
2. Pusatkan kemampuan anda pada kemampuan
guru dalam mengelola KMB, serta dampaknya bagi diri siswa.
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan
menggunakan butir-butir penilaian dibawah ini.
4. Nilailah semua aspek kemampuan guru.
1. MENGELOLA TUGAS RUTIN, FASILITAS
BELAJAR, DAN WAKTU
1 2 3 4
1.1 Membuat siswa menyadari kekuatan
dan kelemahan diri
1.2 Mengelola tugas rutin kelas
1.3 Menyediakan alat bantu pembelajaran dan
sumber belajar
yang diperlukan
1.4 Menggunakan waktu pembelajaran secara
efisien
Rata-rata 1 : G =
2. MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN
1 2 3 4
2.1 Menggunakan kegiatan pembelajaran
yang
sesuai
dengan tujuan, siswa, materi, situasi, dan
lingkungan
2.2 Menggunakan alat bantu
pembelajaran yang
sesuai
dengan tujuan, siswa, materi, situasi, dan
lingkungan
2.3 Melaksanakan kegiatan pembelajaran
dalam
urutan yang logis
Rata-rata 2
: H =
3. BERKOMUNIKASI DENGAN SISWA
1 2 3 4
3.1 Memberi petunjuk dan penjelasan yang
berkaitan
dengan isi pembelajaran
3.2 Mengklarifikasikan petunjuk dan
penjelasan
apabila
siswa salah mengerti
3.3 Menggunakan respon dan pertanyaan
siswa dalam pembelajaran
3.4 Menggunakan
ekspresi lisan atau tertulis
yang dapat ditangkap siswa
Rata-rata butir 3: I =
4. MENDEMONSTRASIKAN KHASANAH METODE
MENGAJAR
1 2 3 4
4.1 Mengimplementasikan kegiatan
belajar
dalam
urutan yang logis
4.2 Mendemonstrasikan
kemampuan
pembelajaran
dengan menggunakan berbagai metode yang tepat
4.3 Mendemonstrasikan kemampuan
pembelajaran
secara individual di dalam kelompok kecil atau
kelompok besar dalam kelas
Rata-rata butir 4: J =
5. MENDEMONSTRASIKAN PENGUASAAN MATA PELAJARAN
1 2 3 4
5.1 Membantu siswa mengenal maksud
dan
pentingnya topik
5.2 Mendemonstrasikan penguasaan
terhadap
bahan pembelajaran
Rata-rata butir 5
: K =
6. MENDORONG
DAN MENGGALAKKAN KETERLIBATAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN
1 2 3 4
6.1 Menggunakan prosedur yang melibatkan
siswa
pada awal pembelajaran
6.2 Memberi kesempatan kepada siswa
untuk
berpartisipasi
dalam pembelajaran
6.3 Memelihara keterlibatan siswa
dalam
pembelajaran
6.4 Upaya guru untuk meningkatkan
keterlibatan
siswa dalam proses belajar-mengajar
Rata-rata butir 6: L =
7. MELAKSANAKAN EVALUASI PROSES DAN
HASIL BELAJAR
1 2 3 4
7.1 Melaksanakan penilaian selama
proses
pembelajaran
7.2 Melaksanakan
penilaian pada akhir
pembelajaran
7.3 Memberikan balikan pada siswa
Rata-rata butir 7: M =
8. MENUTUP PEMBELAJARAN
1 2 3 4
8.1 Membuat rangkuman/ringkasan
materi
pembelajaran
8.2 Melaksanakan tindak lanjut
Rata-rata
butir 8 : N =
9. KESAN UMUM PELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN
1 2 3 4
9.1 Keefektifan pembelajaran
9.2 Penggunaan bahasa indonesia lisan
9.3 Kepekaan terhadap kesalahan
berbahasa
siswa
9.2 Penampilan guru dalam pembelajaran
Rata-rata butir 9 : O =
9
|
Nilai Akhir G2= G + H + I + J + K + L + M + N + O
=
Samarinda, 20 April 2012
Dosen
Pembimbing
Dra. Herliani, M.Pd
NIP.
196709121992032002
|
|
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU
III
APKG III
LEMBAR PENILAIAN HUBUNGAN ANTAR PRIBADI
1. Nama Calon Guru :
EDWAR EDI HARDADI
2. NIM :
0905015047
3. Sekolah Lanjutan : SMA
4. Hari/Tanggal :
Selasa / 20 April 2012
5. Jenis Kegiatan :
Ujian PPL I
6. Pelatihan/Ujian ke : I
PETUNJUK
1. Amatilah secara seksama cara guru
berinteraksi dengan siswa ketika melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM).
2. Nilailah kemampuan dan cara guru melakukan
hubungan dengan siswa itu dengan menggunakan butir-butir penilaian dibawah ini.
3. Jika salah satu indiktor atau deskriptor
tidak muncul dalam pelaksanaan KBM sehingga anda sulit menilainya, maka
nilailah indikator atau deskriptor itu dengan melihat kembali catatan-catatan
yang pernah anda buat atau tanyakanlah kepada narasumber (guru pamong, dosen
pembimbing, kepala sekolah, atau teman praktik), atau wawancarailah langsung
mahasiswa calon guru itu.
4. Nilailah semua aspek kemampuan guru.
1. membantu mengembangkan sikap
positif pada diri siswa
1 2 3 4
1.1 Membantu siswa menyadari kekuatan
dan kelemahan diri
1.2 Membantu siswa menumbuhkan
kepercayaan
diri
1.3 Membantu menjelaskan pikiran
dan perasaan
siswa
1.4 Membantu siswa agar mampu mengambil
keputusan yang
sesuai bagi dirinya
Rata-rata 1 : P =
2. BERSIKAP TERBUKA DAN LUWES TERHADAP SISWA ATAU ORANG LAIN
1 2 3 4
2.1 Menunjukkan sikap terbuka terhadap
pendapat
siswa dan orang lain
2.2 Menunjukkan sikap luwes baik di
dalam
maupun di luar kelas
2.3 Menerima
siswa sebagaimana adanya
2.4 Menunjukkan sikap simpati dan
sensitif
terhadap
perasaan dan kesukaan siswa
2.5 Menunjukkan sikap ramah, penuh
pengertian,
dan sabar baik kepada
siswa maupun orang lain
Rata-rata butir
2 : Q =
3. MENANPILKAN
KEGAIRAHAN DAN KESUNGGUHAN DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DAN DALAM PELAJARAN
YANG DIAJARKAN
1 2 3 4
3.1 Menunjukkan kegairahan dalam mengajar
3.2 Merangsang minat siswa untuk
belajar
3.3 Memberikan kesan kepada siswa
bahwa
guru
bergairah dengan apa yang diajarkan
dan cara mengajarkannya
Rata-rata
butir 3: R =
4. MENGELOLA INTERAKSI PERILAKU
DALAM KELAS
1 2 3 4
4.1 Mengembangkan hubungan antara
pribadi
yang
sehat dan serasi
4.2 Memberikan
tuntunan agar interaksi antar
siswa
serta antara guru dan siswa
terpelihara
dengan baik
4.3 Menangani perilaku siswa yang
tidak
diinginkan
Rata-rata butir 4:
S =
Nilai Akhir G2 = P + Q + R + S
4
=
Samarinda, 20 April 2012
Dosen Pembimbing
Dra. Herliani, M.Pd
NIP. 196709121992032002
|
|
|
izin copas, terimakasih sangat membantu :)
BalasHapussama-sama ^_^
Hapus