ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU I
APKG I
LEMBAR PENILAIAN RENCANA PEMBELAJARAN
1. Nama Calon Guru :
EDWAR EDI HARDADI
2. NIM :
0905015047
3. Sekolah Lanjutan : SMA
4. Hari/Tanggal :
Selasa/ 20 April 2012
5. Jenis Kegiatan :
Ujian PPL I
6. Pelatihan/Ujian ke : I
PETUNJUK
Baca dengan cermat
pembelajaran yang akan digunakan oleh mahasiswa ketika mengajar. Kemudian
nilailah semua aspek dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian
dibawah ini.
1. PENENTUAN BAHAN PEMBELAJARAN DAN MERUMUSKAN TUJUAN
1 2 3 4
Rata-rata 1 : A =
2.
PEMILIHAN DAN PENGORGANISASIAN MATERI,
MEDIA, DAN SUMBER
1 2 3 4
Rat-rata
2 : B =
3. PERANCANGAN SKENARIO/STRATEGI PEMBELAJARAN
3.3 



Pilihan cara-cara memotivasi siswa
Rata-rata butir 3 : C =
4. RANCANGAN PENGELOLAAN KELAS
1 2 3 4
agar
dapat berpartisipasi aktif dalam
Rata-rata butir 4 : D =
5. RANCANGAN PROSEDUR DAN PERSIAPAN
ALAT EVALUASI
1 2 3 4
Rata-rata 5: E =
6. KESAN UMUM RENCANA PEMBELAJARAN
Rata-rata butir 6 : F =
|
6
|
Nilai
Akhir G1= A + B + C + D + E + F
![]() |
=
Samarinda, 20 April 2012
|
Dosen Pembimbing
Dra. Herliani, M.Pd
NIP. 196709121992032002
|
|
|
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN
GURU II
APKG II
LEMBAR PENILAIAN PROSEDUR PEMBELAJARAN
1. Nama Calon Guru :
EDWAR EDI HARDADI
2. NIM :
0905015047
3. Sekolah Lanjutan : SMA
4. Hari/Tanggal :
Selasa / 20 April 2012
5. Jenis Kegiatan :
Ujian PPL I
6. Pelatihan/Ujian ke : I
PETUNJUK
1. Amatilah dengan cermat kegiatan
belajar-mengajar (KBM) yang sedang berlangsung.
2. Pusatkan kemampuan anda pada kemampuan
guru dalam mengelola KMB, serta dampaknya bagi diri siswa.
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan
menggunakan butir-butir penilaian dibawah ini.
4. Nilailah semua aspek kemampuan guru.
1. MENGELOLA TUGAS RUTIN, FASILITAS
BELAJAR, DAN WAKTU
1 2 3 4
1.2 Mengelola tugas rutin kelas
1.3 


Menyediakan alat bantu pembelajaran dan
1.4
Menggunakan waktu pembelajaran secara
efisien
Rata-rata 1 : G =
2. MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN
1 2 3 4
sesuai
dengan tujuan, siswa, materi, situasi, dan
lingkungan
sesuai
dengan tujuan, siswa, materi, situasi, dan
lingkungan
Rata-rata 2
: H =
3. BERKOMUNIKASI DENGAN SISWA
1 2 3 4
berkaitan
dengan isi pembelajaran
apabila
siswa salah mengerti
3.4 Menggunakan
ekspresi lisan atau tertulis
Rata-rata butir 3: I =
4. MENDEMONSTRASIKAN KHASANAH METODE
MENGAJAR
dalam
urutan yang logis
pembelajaran
dengan menggunakan berbagai metode yang tepat
pembelajaran
secara individual di dalam kelompok kecil atau
Rata-rata butir 4: J =
5. MENDEMONSTRASIKAN PENGUASAAN MATA PELAJARAN
1 2 3 4
dan
pentingnya topik
Rata-rata butir 5
: K =
6. MENDORONG
DAN MENGGALAKKAN KETERLIBATAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN
1 2 3 4
siswa
pada awal pembelajaran
berpartisipasi
dalam pembelajaran
pembelajaran
keterlibatan
siswa dalam proses belajar-mengajar
Rata-rata butir 6: L =
7. MELAKSANAKAN EVALUASI PROSES DAN
HASIL BELAJAR
pembelajaran
pembelajaran
Rata-rata butir 7: M =
8. MENUTUP PEMBELAJARAN
1 2 3 4
materi
pembelajaran
Rata-rata
butir 8 : N =
9. KESAN UMUM PELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN
1 2 3 4
siswa
Rata-rata butir 9 : O =
|
9
|
Nilai Akhir G2= G + H + I + J + K + L + M + N + O
![]() |
=
Samarinda, 20 April 2012
|
Dosen
Pembimbing
Dra. Herliani, M.Pd
NIP.
196709121992032002
|
|
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU
III
APKG III
LEMBAR PENILAIAN HUBUNGAN ANTAR PRIBADI
1. Nama Calon Guru :
EDWAR EDI HARDADI
2. NIM :
0905015047
3. Sekolah Lanjutan : SMA
4. Hari/Tanggal :
Selasa / 20 April 2012
5. Jenis Kegiatan :
Ujian PPL I
6. Pelatihan/Ujian ke : I
PETUNJUK
1. Amatilah secara seksama cara guru
berinteraksi dengan siswa ketika melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM).
2. Nilailah kemampuan dan cara guru melakukan
hubungan dengan siswa itu dengan menggunakan butir-butir penilaian dibawah ini.
3. Jika salah satu indiktor atau deskriptor
tidak muncul dalam pelaksanaan KBM sehingga anda sulit menilainya, maka
nilailah indikator atau deskriptor itu dengan melihat kembali catatan-catatan
yang pernah anda buat atau tanyakanlah kepada narasumber (guru pamong, dosen
pembimbing, kepala sekolah, atau teman praktik), atau wawancarailah langsung
mahasiswa calon guru itu.
4. Nilailah semua aspek kemampuan guru.
1. membantu mengembangkan sikap
positif pada diri siswa
1 2 3 4
dan kelemahan diri
kepercayaan
diri
keputusan yang
sesuai bagi dirinya
2. BERSIKAP TERBUKA DAN LUWES TERHADAP SISWA ATAU ORANG LAIN
1 2 3 4
pendapat
siswa dan orang lain
2.3 Menerima
siswa sebagaimana adanya
terhadap
perasaan dan kesukaan siswa
pengertian,
dan sabar baik kepada
Rata-rata butir
2 : Q =
3. MENANPILKAN
KEGAIRAHAN DAN KESUNGGUHAN DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DAN DALAM PELAJARAN
YANG DIAJARKAN
1 2 3 4
guru
bergairah dengan apa yang diajarkan
Rata-rata
butir 3: R =
4. MENGELOLA INTERAKSI PERILAKU
DALAM KELAS
yang
sehat dan serasi
siswa
serta antara guru dan siswa
terpelihara
dengan baik
diinginkan
Rata-rata butir 4:
S =
Nilai Akhir G2 = P + Q + R + S
4
=
Samarinda, 20 April 2012
|
Dosen Pembimbing
Dra. Herliani, M.Pd
NIP. 196709121992032002
|
|
|
izin copas, terimakasih sangat membantu :)
BalasHapussama-sama ^_^
Hapus